Translate

Monday, April 4, 2016

Fitur Dua Jari Tengah


        Andai kata disetiap sosial media terdapat fitur Not Like... Aku jadi ragu apakah masih ada manusia yang sudi menginstalnya di smartphone mereka.
Fitur yang satu itu masih dianggap sebagai momok yang sangat mengerikan, melebihi “monster” yang sering muncul di Televisi, atau bahkan “setan” yang semakin memenuhi kehidupan nyata.
Aku jadi bertanya-tanya pada diriku sendiri. Apakah pihak Developer lupa memasukkan fitur Not Like pada aplikasi sosial media yang mereka ciptakan?
        Jika iya, mungkin itu cuma omong kosong belaka. Dengan adanya Tim “Research Department”, sudah barang tentu mereka tahu persis bahwa sifat alami seorang manusia ingin mendapatkan banyak pujian.
        Memunculkan fitur Not Like bisa-bisa jadi boomerang bagi mereka. Bukannya menarik pengguna lain, malah itu akan membuat para penggunanya kabur menghindar, mencari aplikasi baru yang sama sekali tanpa fitur Not Like. Begitupun dengan pundi-pundi uang yang selama ini mengalir berkat aplikasi ciptaan mereka.
 Dan,  jika jawabannya adalah tidak..  Maka…
Ah, sudahlah… Memikirkan hal-hal yang demikian bikin “orgasme” dikepala saja. Aku mau menikmati kopi buatan ibuku yang sudah hampir setengah jam tadi berada tepat didepanku.
      Hmmm... Aku langsung mengangkat ibu jari sebagai tanda Like seperti icon di beberapa sosial media untuk kopi yang sedang kunikmati ini. Bukan karena yang buat tadi adalah ibuku lhoo… Tanda yang sama akan kuberikan untukmu, karena aku sangat suka minuman berkafein ini.
Rasanya tidak afdol, minum kopi tanpa diselingi dengan menghisap rokok. Meski rokok yang sedang kunikmati ini tinggal ¼  bagian karena sisa kemarin, atau dalam bahasa sehari-hari di lingkungan tempatku tinggal disebut “tegesan”,  aku masih sangat menikmatinya.
        Rokok yang sedang kunikmati ini termasuk salah satu rokok favoritku, sehingga aku bisa punya alasan dengan menyebut tindakanku tadi sebagai bentuk penghematan. Alih- alih memang sedang tidak ada uang buat beli lagi. Hahahaha…
Oh, ya… Hampir saja lupa, aku akan memberi Not Like jika kamu menawariku rokok yang tidak termasuk dalam jajaran rokok kesukaanku. Bukan dengan mengangkat ibu jari  kearah bawah tentunya, tapi Dua Jari Tengah akan kuacungkan… Bukan untukmu, hanya untuk rokokmu.

(Gresik, 2016)

No comments:

Post a Comment